Rabu, 04 Maret 2009

bersihin kaliper motor yuk..,

Yuk, Bersihin Kaliper Rem

gbR.1

Salah satu piranti paling vital saat berkendara adalah rem. Masa bisa ngebut tapi enggak bisa berhenti. Dan kini hampir semua sepeda motor dilengkapi disk brake atau rem cakram. Meski diklaim lebih pakem tapi tetap saja komponen ini bisa berkurang fungsinya bila kondisinya kotor.

Apalagi akhir-akhir ini kadang hujan kadang panas kerontang. Kotoran bisa dengan mudah menyusup diantara piston kaliper yang menyebabkan terhambatnya gerakan menjepit piringan cakram. Satu-satunya jalan agar piranti pengereman tetap prima adalah dengan membersihkannya.

Enggak perlu terlalu sering, tapi bila kondisi jalan yang dilalui sangat berdebu atau seperti akhir-akhir ini yang sering hujan bisa dilakukan lebih sering, buka Hasan Basri dari Hasan Motor. Logikanya mirip ketika sepeda motor anda baru di cuci, pasti rem akan terasa lebih pakem.

Nah bila sudah terlalu parah enggak bisa hanya dengan di cuci tapi perlu dibongkar dan dibuang jauh-jauh kotorannya. Tapi bisa ga dilakukan sendiri?Tentunya bisa dong, mudah kok, lanjut Hasan sambil mengajak kita mengikuti aksinya.


gbr.2

gbr.3

Pertama siap kan sikat kawat dan amplas (gbr.1). Wah, kok langsung mau main kasar? Tunggu dulu, cara ini hanya dilakukan untuk kaliper dengan kadar kotoran super parah. Kalau masih bersih dan rutin dibersihkan cukup dilap dengan lap lembut dan disemprot angin kompresor. Tapi kalau sudah parah harus seperti ini, lanjut Hasan dari bengkelnya di Kelapa Dua, Jakarta Barat ini.

Ayo, lanjut. Lanjutkan dengan melepas kaliper dari pegangan di sokbraker depan. Gunakan kunci L atau kunci bintang tergantung motor tersebut menggunakan jenis kunci yang mana. “Setelah terbuka urai semua bagian pada caliper rem ini. Pisahkan bracket kaliper, piston, kampas rem, dan pegas kampas dari bodi caliper, terang Hasan.

Nah, sekarang tinggal urusan bersih membersihkan. Yang pertama bersihkan kaliper bodi bagian dalam dengan kawat besi (gbr.2). Tapi ingat hanya di bagian bawah saja. Lubang piston jangan sampai ikut tergores, bukannya bersih malah bisa rusak. “Biasanya kotoran membandel mengumpul di sini dan bila terlalu banyak bisa menggangu gerakan kampas rem, lanjut pria kurus ini.


gbr.4

gbr.5

Selanjutnya adalah kampas rem (gbr.3) dan pegas kampas (gbr.4) dengan cara yang sama. Sama-sama menggunakan sikat kawat untuk mengusir kotoran yang sudah mengeras. Selanjutnya bersihkan juga bracket kaliper. Gunakan amplas untuk mengusir karat yang sering timbul di as bracket caliper (gbr.5).

Namun bila tidak terlalu kotor cukup dilap dan olesi dengan gemuk. Namun untuk silinder piston kaliper dan piston silinder cukup dibersihkan dengan cara dilap dengan kain lembut dan olesi dengan minyak rem baru agar tetap licin.

Oya, Hasan juga mewanti untuk tidak menggunakan bensin untuk membersihkan kaliper rem. Karena bisa merusak sil piston dan sil debu yang terbuat dari karet. Selain lebih pakem, suara-suara aneh pada rem depan juga bisa hilang loh, tutup pria satu putera ini.

di sadur dari otomotif net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar